Suaraposkodualima

Selasa, 20 Februari 2024

Asal SOLO Hingga Australia Menuju Russia

Asal SOLO Hingga Australia Menuju Russia #PPSBergerakHarmoni By Putra-Putri Solo 2023 Berdampak.

Minggu, 18 Februari 2024 di Taman Monumen Banjarsari telah menjadi saksi puncak perjalanan para Abhiyasa Muda menyelesaikan #PPSBergerakHarmoni. Closing ceremony ini berterma Kala Sahwahita : Kridhaning Pra Abhiyasa Mudha yang memiliki arti waktu yang digunakan para Putra Putri Solo 2023 sebagai Begawan Abhiyasa Muda dalam mewujudkan #PPSBergerakHarmoni yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Sejak 28 Oktober 2023 di grand launching Putra-Putri Solo 2023 telah melaksanakan serangkaian kegiatan di berbagai bidang. Bidang pariwisata dan budaya (JADAH : Jelajah Sejarah dan Budaya Kampung Baluwarti), entrepreneur (ARJA SRIYA : Ambangun Negeri Jaya lan Asih), pendidikan karakter (KASIH PPS : Gerakan Aksi Inklusif dalam Harmoni #1 - #3) dan lingkungan hidup (SERABI : Saeka Praya Amilah Berkah dan TEPOSLIRA : Tanam Pohon Khas Solo di Kota Surakarta). 


Dalam kegiatan penutupan ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 

Kota Surakarta serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Paguyuban Putra-Putri 

Solo, Masyarakat MItra implementasi #PPSBergerakHarmoni dan Umum. 


Rangkaian acara dimulai dengan senam bersama dilanjutkan oleh launching Wedhang Putra Putri Solo dan diakhiri oleh penanaman pohon sebagai simbolisme penutupan acara. 

#PPSBergerakHarmoni tidak hanya sebuah gerakan pemberdayaan masyrakat tetapi kegiatan ini memberikan berkah bagi profile Putra-Putri Solo 2023 sebagai role model anak muda kota solo. 

Berikut daftar prestasi #PPSBergerakHarmoni: 

1. Putra Solo Lingkungan 2023 (Fauzan Rizki Irvanza) Mendapatkan “Fully Funded” atau 

di danai penuh untuk mempresentasikan #PPSBergerakharmoni di World Youth Festival di Russia 1-4 Maret 2024.

2. Putri Solo Lingkungan 2023 (Rosa Mystica Kartika Putri Wardani ) Mendapatkan Hibah bantuan pendanaan untuk #PPSBergerakHarmoni bidang lingkungan dari 

Australian AID dan PLAN International, Department of Foreign Affairs and Trade, Ausralia Government.

3. #PPSBergerakHarmoni membawa Putra Solo 2023 (Wimbi Praska Dewangga), Bebas 

Skripsi dan mendapatkan beasiswa untuk penyelesaian sebagai Sarjana Akutansi.

4. Putri Solo Favorite (Queenflea Aiko) mempresentasikan #PPSBergerakHarmoni dalam Forum bersama The media production collaboration, Curtin University di Perth Australia.

5. Putri Solo 3 2023 (Fitri Indriani Suroto) dapat mengimplementasikan outcomes skripsinya tentang inclusive city melalui Workhshop bahasa isyarat untuk anak SMP di solo. 

6. Dan berbagai dampak pengembangan diri secara personal dan profesional di seluruh 

Putra-Putri Solo 2023 sesuai dengan passion dalam bidang yang sudah terimplementasi.

Putra Putri Solo 2023 juga, merasa sangat terhormat dan juga berterima kasih atas partisipasi dan dukungan penuh dari seluruh pihak, diantaranya Pemerintah Kota Surakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, dan Mas Arif Adi Setiawan (Putra Solo 2011) selaku pembimbing dan Founder#PPSBergerakHarmoni.

Serta seluruh sponsor, komunitas, maupun media partner yang tidak mampu disebutkan satu persatu.Seiring dengan berakhirnya kegiatan ini, mari kita berikan apresiasi yang tulus juga kepada seluruh tim panitia PPS tahun 2023 yang telah bekerja keras dalam persiapan maupun pelaksanaan di setiap rangkaian kegiatannya.

Meskipun #PPSBergerakHarmoni telah berakhir, semangatnya akan tetap hidup melalui jejak-jejak inspiratif yang ditinggalkannya. Bersama-sama, kita telah menciptakan sesuatu yang istimewa dan bermakna bagi kota tercinta “SOLO THE SPIRIT OF JAVA”. (chandra)