Suaraposkodualima

Rabu, 31 Januari 2024

Sandiaga Uno: Global Game Jam Memiliki Misi Memancing Para Peserta untuk Berinovasi

Suaraposkodualima - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi dan menyatakan dukungannya terhadap anak Bangsa yang berhasil membuat 126 gim pada gelaran gim internasional "Global Game Jam" yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia termasuk di 10 kota Indonesia pada 22 hingga 28 Januari 2024.

Pada "The Weekly Brief With Sandi Uno", Menteri Sandiaga mengatakan bahwa kegiatan berkumpulnya para pegiat gim untuk membuat gim dalam waktu 48 jam itu dapat memicu belajar, bereksperimen, berkreasi dan berkolaborasi. 

"Gim yang dibuat pun mengambil tema khusus yakni 'Make Me Laugh'. Kami sangat berbahagia dapat diajak rembuk dan mendukung Global Game Jam ini. Kegiatan ini memiliki misi untuk memancing para peserta untuk berinovasi, bereksperimen, dan berkolaborasi dalam industri gim,” kata Sandiaga yang disiarkan melalui rilis pers, Selasa (30/1/2024).

Keterlibatan Indonesia tentu menjadi sebuah kebanggaan dan bukti bahwa para talenta Indonesia siap untuk terlibat dengan industri gim secara global. Global Game Jam berlangsung di 10 kota yakni Medan, Batam, Palembang, Bogor, Tangerang, Bandung, Jogja, Solo, Surabaya dan Malang.

"Total ada 633 peserta dan menghasilkan 126 karya gim digital dan 8 board game," sambung Sandiaga.

Lebih lanjut, Menparekraf mengajak masyarakat untuk mendukung industri gim lokal dengan mencoba langsung gim-gim tersebut melalui situs web https://globalgamejam.org/.

Memiliki pangsa pasar yang sangat besar dalam ekonomi kreatif, saat ini subsektor pengembang permainan atau gim menjadi salah satu subsektor kekinian yang terus tumbuh dan berkembang pesat.

Subsektor pengembang permainan dan eSport berkontribusi besar dalam pertumbuhan subsektor ekonomi kreatif, sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sebelumnya, eSport Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam ajang SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja.

Adapun menurut Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif 2021/2022, subsektor aplikasi dan gim berhasil menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp31,25 Triliun pada 2021. Aplikasi dan gim menjadi subsektor dengan laju pertumbuhan tertinggi kedua (sebesar 9,17 persen), setelah subsektor televisi dan radio (9,48 persen).

Dengan potensi yang sangat besar, Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan industri gim di Indonesia melalui berbagai program dan kebijakan yang mendukung para pelaku industri gim.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat dalam mengembangkan industri gim Indonesia agar dapat bersaing di tingkat global.

Melalui dukungan dari pemerintah dan masyarakat, diharapkan industri gim Indonesia dapat terus tumbuh dan berkontribusi secara signifikan dalam ekonomi kreatif tanah air.

Menparekraf Sandiga Salahuddin Uno juga mengajak masyarakat untuk terus mendukung para pengembang gim lokal dengan memainkan dan mempromosikan karya-karya mereka.

Dengan semangat kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, industri gim Indonesia diharapkan dapat terus berkembang dan meraih kesuksesan di kancah global, sehingga dapat memperkuat citra positif Indonesia sebagai negara yang kaya akan potensi dan bakat di bidang industri kreatif, termasuk dalam industri gim. (dk/ria)