Suaraposkodualima

Senin, 29 Januari 2024

Pemindahan Ibu Kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur Mewujudkan Ompian Sang Proklamator Presiden Soekarno

Suaraposkodualima - Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth menyatakan bahwa alasan pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur adalah untuk mewujudkan impian sang Proklamator Presiden Pertama RI Soekarno.

"Ini juga impian dari Bung Karno yang memang ingin memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan. Nah Pak Presiden Jokowi itu meneruskan apa yang menjadi impian beliau," kata Kenneth saat dikonfirmasi diagramkota.com di Jakarta, Senin (29/1/2024)

Menurut Kenneth, Presiden Joko Widodo meneruskan dan mewujudkan impian Soekarno tersebut. Dia juga menyebut bahwa Pemerintah sedang menyiapkan regulasi yang diperlukan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota dengan kekhususan lain.

Kenneth juga menjelaskan bahwa ada alasan lain untuk pemindahan ibu kota negara yang melibatkan aspek ekologis dan sosiologis.

"Kondisi tanah Jakarta yang semakin turun permukaan dan padatnya penduduk menjadi faktor yang mempengaruhi pemindahan. Selain itu, dengan tidak lagi menjadi ibu kota negara, Jakarta diharapkan akan menjadi kota bisnis global seperti Sydney, Australia," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, juga mengungkapkan bahwa masa depan IKN tidak hanya mengusung konsep kota hutan berkelanjutan, tetapi juga menjadi smart city yang menerapkan teknologi canggih, termasuk mobil terbang pada tahun 2045.

Konsep smart city di IKN akan mengontrol sumber daya yang ada dengan efisien, termasuk pengaturan energi cerdas dan transportasi tanpa sopir.

Dengan demikian untuk transportasi misalnya kita akan pakai bus  tanpa sopir. Bahkan nanti akan ada mobil terbang pada tahun 2045. Pokoknya canggih banget, loh,” kata Bambang yang menghadirkan tayangan digital visual atau avatar pada ajang Nusantara Fair di Jakarta, Jumat malam lalu. (dk/ria)